-->

Wong Tran

Informasinya Wong Trans

Larangan atau Janganlah Suudzon/Buruk Sangka


Wongtran – Selamat malam sobat, semoga tetap semangat dalam menjalankan aktifitas dimalam hari ini. Baiklah sobat, di malam yang sunyi ini akan ane curahkan sedikit pengalaman tentang su’udzon (Berburuk Sangka). Di setiap langkah yang kita lalui pasti ada kerikil yang menggores tubuh kita. Begitu juga dengan suatu persahabatan, pastinya ada perselisihan dan kekecewaan. Sesungguhnya perselisihan dan kekecewaan itu akan membawa kita papda keakraban dan keyakinan pada persahabatan tersebut.

Maka dari itu sobat, Janganlah diantara kita berburuk sangka terhadap teman-teman kita. Karena berburuk sangka itu akan menimbulkan bibit permusuhan. Ambil lah hikmah dari kekecewaan itu.

Manusia sebagai makhluk sosial yang tidak mungkin memenuhi segala kebutuhan hidupnya tanpa bantuan pihak lain, maka terhadap sesama manusia kita harus saling menghargai dan jangan berburuk sangka.


Islam mengajarkan kepada umatnya untuk berprasangka baik (Husnudzon), tapi mengapa kenyataan banyak didapat perilaku-perilaku manusia yang berburuk sangka (Suudzon). Bukankah berburuk sangka itu akan membuat orang lain merasa tersakiti, bukankah berburuk sangka itu akan menimbulkan ketidakbahagiaan, bukankah berburuk sangka itu akan menimbuklan fitnah dan permusuhan, bukankah berburuk sangka itu perbuatan dosa dan dilarang agama. Allah SWT pun menegaskan dalam firman_Nya :

$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qç7Ï^tGô_$# #ZŽÏWx. z`ÏiB Çd`©à9$# žcÎ) uÙ÷èt/ Çd`©à9$# ÒOøOÎ) ( Ÿwur (#qÝ¡¡¡pgrB Ÿwur =tGøótƒ Nä3àÒ÷è­/ $³Ò÷èt/ 4 =Ïtär& óOà2ßtnr& br& Ÿ@à2ù'tƒ zNóss9 ÏmŠÅzr& $\GøŠtB çnqßJçF÷d̍s3sù 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 ¨bÎ) ©!$# Ò>#§qs? ×LìÏm§ ÇÊËÈ  

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang” (QS. Al Hujuraat ayat 12)

Allah SWT telah mengharamkan sikap buruk sangka terhadap sesama mukmin, kerana ia akan menyebabkan timbulnya fitnah, karena ia akan melahirkan bibit dari perpecahan dan pada akhirnya menimbulkan hubungan sesama manusia akan menjadi tidak harmonis. Sementara di sisi lain keselarasan hidup manusia dalam hubungannya dengan sesama manusia lainnya harus didasari dengan iman dan taqwa kepada Allah SWT sehingga benar-benar menjadi manusia yang memiliki derajat yang mulia di sisi Allah SWT.


Salam…
semoga sekelumit kalimat ini dapat bermanfaat bagi kita semua ….

Popular Post

Cloud Categories

Design (3) Film (1) Informasi (26) Unik (19)