-->

Wong Tran

Informasinya Wong Trans

Cara Menenangkan Jiwa dan Hati secara Positif


Wongtran – Rasa yang hadir dalam jiwa kita terkadang baik dan terkadang kurang baik. Bagaimana jika saat ini jiwa kita sedang gundah, ? Bagaimana cara kita untuk menenangkan jiwa dan hati kita.?
Mungkin banyak cara untuk memberikan ketenangan pada diri kita. Cara yang harus kita lakukan adalah dengan hal-hal yang positif. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Berzikir
Dalam Al-Qur’an menyatakan dengan berzikir maka hati akan tenang. Ini adalah cara paling ampuh untuk menenangkan jiwa. Di antara bentuk zikir yang terbaik adalah dengan sholat dan membaca Al-Qur’an.

2. Relaksasi
Melakukan relaksasi terbukti dapat membuat seseroang menjadi tenang dalam menghadapi berbagai situasi yang kurang menyenangkan atau penuh tekanan. Relaksasi dapat dilakukan dengan berbagai variasi, misalnya menarik nafas dalam-dalam, melakukan latihan-latihan ringan untuk mengendurkan otot-otot, atau pun dengan kata-kata: “relaks; tenang aja; take it easy; gak apa-apa kok”.

3. Olahraga
Olahraga terbukti dapat mengeluarkan hormon-hormon yang dapat memicu stress. Maka dari itu kita dianjurkan untuk berolahraga. Olahragalah ringan seperti jalan,lari-lari kecil dll

4. Selesaikan Masalah secara Tuntas
Mengingat bahwa kemarahan bisa dipicu oleh hal-hal yang datang dari dalam diri seperti adanya masalah yang belum terselesaikan, maka akan sangat baik jika anda menyelesaikan setiap masalah yang muncul sesegara mungkin dan tuntas. Meskipun dalam hidup mungkin ada masalah yang bisa terselesaikan tanpa campurtangan anda secara signifikan, namun alangkah baiknya jika anda membiasakan diri menyelesaikan setiap permasalahan yang berhubungan dengan diri anda. Dengan berkurangnya beban psikologis dalam diri anda maka kemungkinan menjadi marahpun akan berkurang.

5. Humor
Meskipun amarah merupakan suatu hal yang serius tetapi jika anda mau merenungkan atau mencermatinya secara mendalam maka tidak jarang di dalam kemarahan seringkali tersimpan hal-hal yang bisa membuat anda tertawa. Bahkan seringkali anda menemukan bahwa hal-hal yang menjadi penyebab kemarahan adalah suatu hal yang lucu dan sangat sepele.
Semoga bermanfaat. .


Popular Post

Cloud Categories

Design (3) Film (1) Informasi (26) Unik (19)