-->

Wong Tran

Informasinya Wong Trans

Seruan Melaksanakan Ibadah Shalat Jum’at


Wongtran – Seruan untuk melaksanakan ibadah shalat jum’at
Kewajiban seorang muslim laki-laki yang telah dewasa (baligh) ialah melaksanakan ibadah shalat jum’at. Ibadah ini dilaksanakan 1 (satu) kali dalam dalam seminggu. Saat seruan untuk shalat Jumat dikumandangkan maka segenap Muslim yang telah memenuhi syarat dan tidak beruzur, wajib segera menuju masjid guna menghadiri pelaksanaan shalat.

Dalam hal ini Allah SWT berfirman:

$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) šÏŠqçR Ío4qn=¢Á=Ï9 `ÏB ÏQöqtƒ ÏpyèßJàfø9$# (#öqyèó$$sù 4n<Î) ̍ø.ÏŒ «!$# (#râsŒur yìøt7ø9$# 4 öNä3Ï9ºsŒ ׎öyz öNä3©9 bÎ) óOçGYä. tbqßJn=÷ès? ÇÒÈ  

Artinya : Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli[1475]. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.(QS Al-Jumu’mah ayat:9)

Keterangan
[1475] Maksudnya: apabila imam telah naik mimbar dan muazzin telah azan di hari Jum'at, Maka kaum muslimin wajib bersegera memenuhi panggilan muazzin itu dan meninggalakan semua pekerjaannya.

Dari uraian di atas sangat jelas sekali apabila diserukan kepada kita untuk menunaikan ibadah shalat jum’at, maka segeralah untuk melaksanakannya. Segala urusan yang dilaksanakan tinggalkanlah sementara. Karena yang demikian itu lebih baik.

Semoga bermanfaat
Selamat melaksanakan ibadah shalat jum’at bagi sobat muslim..


Popular Post

Cloud Categories

Design (3) Film (1) Informasi (26) Unik (19)